Dosen FKH UWKS Bersinar di Indolivestock Research and Innovation Award 2024

Tim dosen FKH UWKS pada tanggal 17 Juli 2024 hadir dalam Indolivestock Research and Innovation Award 2024  di Jakarta Convention Center. Penghargaan bergengsi ini hasil kerjasama Yayasan Pengembangan Peternakan Indonesia (YAPPI) dengan PT. Napindo Media Ashatama, Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB, Asosiasi Fakultas Kedokteran Indonesia (AFKHI), Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI), Solidaritas Alumni SPR Indonesia (SASPRI), dan didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

dosen fkh uwks mendapat award

Mengusung tema “Widhi Catha Satwa Nugraha”, penghargaan ini untuk para peneliti di bidang peternakan dan kesehatan hewan dari berbagai Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan di perguruan tinggi negeri dan swasta. Dalam ajang ini, sebanyak 61 peserta dari 24 perguruan tinggi, termasuk 20 magister, 24 doktor, dan 22 profesor, turut berpartisipasi.

Dosen FKH UWKS Yang Berprestasi Gemilang

Dr. drh. Siti Gusti Ningrum sebagai dosen dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (FKH UWKS) berhasil meraih penghargaan dalam kategori Unggas. Penelitian unggulannya, “Inovasi Seamon sebagai Larutan Pencuci Sarang Burung Walet di Industri”, menjadi sorotan utama. Ningrum bersama tim dosen FKH UWKS mengembangkan metode pencucian baru untuk sarang burung walet yang efektif menurunkan kadar nitrit yang berbahaya, yang sering kali melebihi batas aman ekspor terutama ke Tiongkok.

penghargaan drh gusti ningrum

Dalam pengembangan metode ini, Ningrum mengidentifikasi bahwa metode pencucian konvensional tidak cukup efektif dalam menurunkan kadar nitrit secara signifikan. Melalui riset LPDP, mereka mengembangkan larutan Seamon, yang kemudian mendapat paten dan bermanfaat dalam industri pencucian sarang burung walet. Hasil riset ini juga telah terbit dalam jurnal internasional dan nasional serta ada dalam skripsi mahasiswa FKH UWKS.

Ingin kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan UWKS, cek brosurnya klik link ini

Proses Seleksi Penghargaan ini

Proses seleksi untuk penghargaan ini melibatkan beberapa tahap. Termasuk seleksi penelitian, substansi penelitian, pengumuman 10 besar, verifikasi hasil penelitian, hingga pengumuman pemenang. Hanya ada satu pemenang untuk masing-masing dari lima kategori. Yaitu Sapi Pedaging, Sapi Perah, Kambing dan Domba, Unggas, dan Aneka Ternak.

Para pemenang lainnya termasuk Universitas Mulawarman (kategori Aneka Ternak), Universitas Airlangga (kategori Sapi Pedaging), Universitas Muhammadiyah Malang (kategori Sapi Perah), dan Universitas Gajah Mada (kategori Kambing dan Domba). Setiap pemenang menerima penghargaan berupa sertifikat, piagam, dan hadiah.

daftar uwks yuk

Kesuksesan Ningrum dan tim dosen FKH UWKS dalam ajang ini tidak hanya membanggakan UWKS. Tetapi juga menunjukkan dedikasi dan inovasi luar biasa yang membawa dampak nyata bagi industri peternakan dan kesehatan hewan di Indonesia. Harapannya, metode Seamon dapat terstandar di seluruh industri pencucian sarang burung walet di Indonesia, meningkatkan kualitas produk dan keamanan konsumsi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top